Hitung (lagi) Dana Pendidikan !!

Bismillah…

Kayaknya harus ngitung (ulang) nih dana pendidikan buat Shahlaa. Awalnya sih pas mau nyiapin nya ngga pake itung2an baku, jadi asal nyiapin sekian-sekian buat ini-itu *tutupmuka*, tapi sekarang merasa lebih perlu nih buat ngitung ‘beneran’. Sekalian buat laporan juga ke ‘bos’.

Gue pake kalkulatornya QM Financial buat ngitung ‘biaya nanti’, jadi pake asumsi inflasi tingkat pendidikan 15-20%. Sekalian juga gue ngitung beda nya kalo kita investasi sama kalo nabung biasa. “Kenapa ga nabung aja sih lebih aman, investasi  kan resiko nya tinggi ??”. Iya lebih aman kalo ngga inflasi!. The risk of NOT investing is greater than the risk of investing!

Kalo gue itung2 jadinya begini..

Itu biaya sekolah tahun 2011 hasil tanya2, googling, sekolah swasta inceran. Syukur2 kalo bisa masuk negeri, yang tentunya ngga akan setinggi itu biayanya.

Nah, di tabel atas keliatan kalo kita invest  buat PG-S2 butuh kurang lebih 3,3juta/bulan, nah kalo nabung biasa 18,3jt/bulan *duuaaarrr*.. Banguuun..banguuunnn!!

Atas saran tante Dince, buat ngitung dana pendidikan pake inflasi dan return pesimis aja dulu, inflasi pake yang tinggi, return pake yang rendah, biaya pendidikan saat ini pake yang tinggi. Prepare for the worst lah ya. Kalo memang nantinya lebih banget ya Alhamdulillah bisa buat jalan-jalan emak bapaknya beli buku. Nah, katanya lagi, duitnya udah harus ‘aman’ minimal 1tahun sebelumnya, sebenernya sih harusnya ngitungnya itu gini

Sisa Tahun Sekolah – 1 = Tahun investasi

Huhuhu…tambah pendek yah tahun investasinya? Yang udah gue siapin buat shahlaa sih belom segininya…Yah, yang penting udah ada plan nya dulu deh, pelan2 ditambah satu2 tujuannya. Sekarang baru nyiapin sampe SMA aja, buat kuliah nya masih belom. Baiklah..Segera!!

Sekarang Shahlaa baru 2tahun, rencananya gue mau mulai sekolahin dia di PG umur 3thn, berarti kan tahun depan. Alhamdulillah uangnya udah ‘aman’ di Tabungan Rencana Mandisendiri yang autodebet dari rekening tiap bulannya.

Buat TK nya gue sih nyiapinnya di Logam Mulia, makanya di tabel atas gue pake return 10% buat LM.

Buat SD sampe SMA udah gue siapin di Reksadana, yang kalo liat di infovesta RD yang gue beli itu return nya utk 3 tahun masing2 45%, 48% dan 13%. Hehehe..yang 13% mesti diapain inih ??? Nah, tapi rata2 di tabel atas gue pake return 25-30% aja.

PR nya tinggal buat kuliah deh nih, pengen banget nyiapin juga buat S2 nya sekalian. Eh, dana pensiun si papa juga belom..Huaaaa…

Buat S1 di tabel atas gue masukin 300juta biaya saat ini nya karena ya mudah2an aja Shahlaa bisa kuliah di luar negeri, atau universitas negeri ngga kaya emak bapaknya. AMIN.

Eh gue sempet keliyengan juga nih liat hasil itungan di tabel atas, kok lumayan jauh beda yah sama itungan gue hampir setahun yang lalu.. Ya iyalah, sekarang aja Shahlaa udah mau 2tahun, jadi waktu investasi udah berkurang lagi 1th. Dan buat uang kuliahnya belom dimulai. Ya Allah.. berilah kami kekuatan 🙂

Eiya, itu kan tabel pake asumsi semua yah, gue udah bikin juga sih tabel pake return yang sesuai dengan post2 investasi yang udah gue ambil. Mencoba menenangkan hati maksudnya. Nah, karena liat di infovesta return nya lumayan tinggi, jadi hasilnya pun ngga sebesar itu. Legaaaa…yang udah gue sisihin tiap bulannya itu ‘cukup’ lah Insya Allah.

Berarti juga bakalan beda donk yah itu hasilnya tiap orang tua tiap anak, ya tergantung pengennya sekolahin dimana dan cencunya umur anaknya masing2. Yang anaknya masih baby atau bahkan masih didalam kandungan, siapin lah sedini mungkin,,lebay, lebay deh, daripada kaya gue sekarang, mundur setahun aja udah beda banget hasilnya. 😦 menyedihkan..

Ini gue mau masupin tabel ke postingan ini aja ribeeeettt bener deh, awalnya sok2an mau pake converter apa lah itu, ga sakses2 juga, sampe nanya ke Iti, eyalah maaaak, printscreen aje yah..Huahahah…malu deh eikee 🙂

15 responses to “Hitung (lagi) Dana Pendidikan !!

  1. Cit, printscreen gimana sih caranya? Gue malah lebih tolol inih >_<

    Btw, pening bener yak ngitung2 dana pendidikan. Rasanya mau masupin kepala ke dalam wajan deh, hikkss..

    • Hahaaaa,,gw tdnya sok2an pke converter,akhirnya cuma printscreen excel sheet nya trus copas di powerpoint save as jd *jpeg 😉
      Gw mah ngitungnya demen benerrr, realisasinya yg bikin pengen masup microwave.
      Eh, gw ada formula nya nih tinggal masup2in, mo di imel ga?

      • hi..

        met kenal ya..
        boleh minta formulanya di imelin nga?
        tadi udah coba print screen trus copas tapi gatot niih…asli gaptek pisan deh :(..

        kalo nga keberatan tulung di email ke saya boleh?
        thanks in advance ya..

        tararengkyu..

      • Hai,
        sudah aku imel juga ya mba, pls check 🙂

  2. Halo mama shahla..salam kenal
    Mau tanya itu ngitung besar dana yg musti diinvestnya gmn yah?aku liat di qmfinancial calculator cuma ada hitungan besar dana pendidikannya aja 🙂

  3. cieeeee
    udah jago ngitung dapend nich hahaha
    yup2 jgn lupa ya dana nya harus udah aman 1 thn sebelumnya

    gpp lah belum smp investasi ideal,
    minimal kita sudah memulai,, semangatttt 🙂

    • waduuu.. si suhu nongol lagih…ampun dijeee…mohon dikoreksi 🙂
      Nah, itu dia deh, harus amanin staun sebenlumnya yah?? siaapp!!!
      Lumayan deh yeee, yang penting udah ada plan nya duluu..huihihihi *nyeneng2in hati*
      thanks anyway ya dince, sampai jumpa di fun(d)chitchat kita..ihiyy

  4. Bund..boleh minta formula nya ga?udah mulei ikut2 an pengen masukin pala ke..oven. hihi

    ke : ary4nd71@yahoo.co.id

    tarerengkyu ya Bund…

  5. mamanya cowo2 ganteng

    Bunda citra,, tengkyu infonya…
    Aq termasuk ibu yg sgt concern dgn biaya pendidikan anak2 اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ buat calon anak ke3 yg msh diperut. Selain itung2an matematika diatas yg mnrt aq baik bgt jk kita mampu ngerealisasikannya dr skrng, tp aq jg sgt percaya dgn itung2an Tuhan…selama kita yakin mk Sang Pemberi akan cukupkan semua itu. Amin..

  6. hai cit..
    wih canggih ngitungnya..formulanya mau dong cit

    thanks yah..
    Email: cee_thraaa@yahoo.com

  7. hai mba citra…slam kenal, saya lg googling biaya sekolah anak, mau minta email formula nya dunk, boleh ya…kalau iya kirim ke saya_eta@yahoo.com, makasiyaaah 😉

  8. hai cit..salam kenal jg
    formulanya mau juga dong cit

    thanks before.
    Email: julian.limes@ymail.com

Leave a comment