Pilah pilih Asuransi Jiwa

Udah hampir 2 bulan cek sana sini belom juga menentukan pilihan buat asuransi Jiwa abang *labil*.

Yang mau gue ambil sih Asuransi Jiwa murni yang term life. Kenapa ? Setelah cari tau sana-sini, ngga tau malu tanya2 ke orang2 yang lebih pinter dan lebih expert dibidang ini, yang sesuai dengan kebutuhan kita saat ini ya term life itu. Nah sayangnya, masih agak susah ya seAkarang cari agen asuransi yang memang tulus menganalisa kebutuhan kliennya akan asuransi ngga semata2 faktor keuntungan mereka semata. Karena ini lah gue ngerasa kita sebagai klien pun harus berbekal informasi yang cukup dan ngga asal pilih.

Kenapa buat abang? Ya karena dia pencari nafkah. Gue kan ibu RT ajah, kalo insya Allah nanti gue kerja dan berpenghasilan lagi, boleh juga lah ya beli lagi buat gue sendiri.

Kenapa termlife? Karena yang whole life preminya biasanya lebih mahal, dan walaupun whole life ini pertanggungannya seumur hidup yang berarti klaimnya pasti akan keluar, tapi asumsi gue sih pada saat itu anak-anak gue udah bisa mandiri or at least kita udah punya aset aktif.

Semua produk pasti ada plus minusnya, balik lagi ke kebutuhan kita kan? Gue pilih asuransi jiwa murni karena setelah gue itung2 kasar pun premi nya jauh lebih murah dengan Uang Pertanggungan lebih banyak kalo dibandingin  dengan asuransi+investasi a.k.a unit link. Jadi kan sisa uang premi bisa gue alokasiin untuk investasi sendiri, dengan harapan hasil investasinya pun bisa lebih maksimal.

Kalo gue review dari proposal yang udah dibikinin buat abang (30th) kira2 gini deh, dengan premi 500rb/bln atau 6jt/th untuk produk ‘Link’, UP nya cuma 250jt (tapi ada as kesehatan dan nilai tunainya), tapi kalo yang termlife dengan 3,2jt/th UP nya 1M. Nah loh ?? Mau yang mana??

Kalo gue pribadi sih, asuransi kesehatan Alhamdulillah udah di cover dari kantor nya abang buat kita ber3 walaupun kurang maksimal sih. Makanya insya Allah ada rejeki lagi nanti mau ambil asuransi kesehatannya lagi aja buat tambahan. Dan nilai tunai yang notabene biasanya buat dana pendidikan, alhamdulillah juga udah gue siapin dan gue beliin reksadana. Jujur aja dari asuransi yang kita butuhin kan ya UP nya, kalo emang terjadi apa2 sama si pencari nafkah (knock on wood amit2 jabang bayi jangan dooonk), gimana kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalinnya nanti? sesuai dengan prinsip ekonomi, cari premi serendah mungkin dengan Uang pertanggungan setinggi mungkin🙂

So far..gue lagi ngebandingin produk dari 2 perusahaan. Dengan produk yang sama, term life.

1. Asuransi Takaf*l

Sesuai permintaan, ilustrasi yang dibikinin untuk abang (30th) produk Alkhairat. Dengan UP 1M, masa pertanggungan 15 th, preminya 3,6jt/th. Kalo masa pertanggungannya cuma 10th, premi nya 3jt/th.Untuk produk ini masa pertanggungan maksimalnya 15th aja.

2. Asuransi Sequ*s

Produknya superior term, untuk UP 1M, masa pertanggungan 15th, premi 3,2jt/th. Dan untuk masa pertanggungan 20th preminya 3,6jt/th.

Emang lebih murah sequ*s sedikit sih, tapi masih pilah pilih juga nih secara kan kalo yang takaf*l itu syariah, sambil pelajarin produknya masing2, lagipula selama ini baru via email aja konsultasi ke agent nya, belum sempet ketemu langsung, maksudnya sih mau siapin amunisi dulu biar ntar langsung oke aja gt kalo pas ketemu nya.

Asuransi jiwa murni ini biasanya sih pembayaran preminya per tahun atau malah bisa sekaligus. Kayanya sih ngga ada yang per bulan deh. Rencana gue sih biar ngga begitu berasa nantinya, ya tiap bulan tetep gue alokasiin buat asuransi ini, biar ntar pas jatuh tempo ngga berasa aja harus bayar jebreett segitu.

Walaupun kalo (Alhamdulillah) ngga terjadi apa-apa selama masa pertanggungan, kan berarti premi kita hangus, ya bukan berarti kita rugi juga kok, yang kita beli kan proteksi.

Sambil semedi menentukan pilihan, gue masih mau cari alternatif pilihan dari perusahaan lain dulu deh..Kali aja ada yang lebih oke..yuk mariiii….Atau ada rekomendasi ???

4 responses to “Pilah pilih Asuransi Jiwa

  1. Hai ♍ª♍ª shalala , aku sudah 1 th lbh ambil term life 20 th dan suami termlife 10th di m*nulife , sebelumnya udah survey di 5 asuransi yg menjual termlife diantaranya s*quis, t*kaful,ax*m*ndiri, allia*z dan si m*nulife ini ternyata paling murah si m*nulife dgn up yg sama 1m aku yg ambil termlife 20th preminya hanya 2,6/ tahun dan itu dgn garansi tanpa ditinjau kembali setiap tahunnya (apa yah nama asuransinya lupa ) ..dan suami ku 3,4/th u termlife 10 tahun . Semoga bisa menjadi bahan perbandingan cit .

    • Woooww..thx for sharing mama nico..untung blm buru2 ambil, untung juga posting..hihii..
      Beda nya lumayan jauh juga yah..mau ah kalo gt, soalnya lumayan juga garansi nya tuh kl kita perpanjang kan?
      Kiss nico mares🙂

  2. Agus Suhendar

    Dear Citra,

    Perkenalkan…saya Agus Suhendar, agen Prudential (FullTime), dengan kode agen: 00268286, dan No. Lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia): 11381726. Perkenankan dengan tulus hati saya ingin membantu Ibu Citra untuk memberikan pengetahuan tentang seputar asuransi, dan produk Prudential khususnya. Benar sekali apa yang Ibu Citra katakan, bahwa sebenarnya semua asuransi itu bagus, tinggal saat kita memilih, yang kita pilih adalah yang paling cocok dengan kebutuhan kita. Dan yang lebih penting lagi, bagaimana kita mendapatkan jaminan bahwa klaim kita nanti akan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

    Ada 3 (tiga) hal yang harus calon nasabah pahami ketika akan membeli asuransi, yaitu:
    1. Profil Perusahaan Asuransi
    2. Produk Asuransi
    3. Agen Asuransi

    Saya akan bahas secara umum saja, uraian dari point-point di atas.
    1. Profil Perusahaan Asuransi
    Kenapa ini saya urutkan pada urutan pertama? Karena ini akan mempengaruhi klaim anda nanti. Calon nasabah sangat perlu memahami tentang profil perusahaan asuransi. Profil tersebut bisa didapat dari internal perusahaannya, atau dari media massa (internet, koran, dll). Lihat perkembangan 10 tahun terakhir. Dan yang lebih penting lagi lihat RBC perusahaan asuransi tersebut. Syarat minimal RBC yang ditetapkan pemerintah adalah sebesar 100%. Lihat RBC nya! karena ini akan menjamin kemudahan dan kepastian klaim anda nanti.

    Sebagai informasi, versi majalah Investor, kami (Prudential) telah mendapatkan award No. 1 The Best Insurance Companies selama 9 (sembilan) tahun berturut-turut (baca: Majalah Investor, Juli 2010). Dan yang lebih penting lagi, Prudential memiliki RBC 420%. Kepastian dan kemudahan klaim untuk nasabah menjadi jaminan kami.

    2. Produk Asuransi
    Benar sekali apa yang Ibu Citra telah lakukan. Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Plus dan minus produk harus kita lihat. Ibu Citra telah lakukan ini. Kebutuhan Ibu Citra adalah saat suami (maaf) “meninggalkan” keluarga. Ibu Citra ingin persiapkan UP untuk keluarga.

    Sekedar tambahan saja dari saya, bahwa perkenankan saya untuk membuat proposal asuransi jiwa dari Prudential. Nanti akan saya buatkan yang bukan produk Link, seperti yang Ibu Citra minta. Saya minta email Ibu Citra, karena nanti proposal akan saya kirim via email.

    Namun demikian, saya singgung sedikit keunggulan di produk Link. Kalau tadi Ibu Citra katakan bahwa asuransi untuk kesehatan telah di cover oleh kantor suami. Sangat bagus sekali. Bagaimana dengan Critical Illness (sakit kritis)? Keunggulan dari produk Link adalah bahwa saat tertanggung terkena sakit kritis (di bulan ke-4 atau lebih) maka akan diberikan tabungan cuma-cuma (payor) sesuai dengan tabungan/premi nasabah setiap bulannya. Sampai tertanggung usia 65 tahun. Hal ini belum termasuk UP. Artinya: Kalau tertanggung (maaf) terkena sakit kritis, Payor dan UP nya tetap akan keluar (klaim). Dan Prudential satu-satunya perusahaan asuransi yang dapat memberikan klaim untuk sakit kritis selama 3 (tiga) kali dalam masa pertanggungan.

    3. Agen Asuransi
    Peran agen sangat penting. Benar sekali apa yang Ibu Citra katakan, banyak agen yang hanya mengedepankan komisi. Namun, saya berpendirian bahwa profesi saya sebagai agen asuransi adalah amanah Tuhan. Yang harus saya kedepankan adalah misi kemanusiaan. Murni untuk menolong calon nasabah. Buat saya bukan yang utama calon nasabah itu ambil produk saya. Yang paling penting buat saya adalah calon nasabah paham asuransi. Terlepas nanti produk siapa yang akan nasabah ambil.

    Selain itu, untuk yang telah menjadi nasabah saya, akan saya prioritaskan kepentingan mereka. Handphone saya selalu aktif 24 jam. Dan komitmen saya, nasabah akan saya bantu, terutama untuk klaim. Komitmen saya sebagai agen adalah amanah dari Tuhan untuk membantu orang di sekitar saya.

    Ibu Citra, demikian sharing dari saya, semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kesejahteraan untuk Ibu dan keluarga, Amiin. Saya bisa minta email Ibu Citra, untuk saya kirimkan proposal saya.

    Salam saya,
    Agus Suhendar

    PT. Prudential Life Assurance
    Agency Office
    Menara Thamrin Lt. 11 Suite 1105, Jl. MH. Thamrin Kav. 3
    Jakarta 10250
    Telp: (021) 2303300, 303800
    Handphone: 0818655471
    Email: suhe_07@yahoo.com
    No. Agen: 00268286
    No. Lisensi AAJI: 11381726

  3. Pingback: Pilah pilih Asuransi Jiwa (part 2) | and the story goes..

Leave a Reply

