Cash, nyicil atau… ???

Kalo dipikir2, orang belanja itu beda2 tipe yah? Ada yang senengnya nyicil, ada yang anti banget nyicil, ada yang kmn2 slalu bawa cash, ada yg ga pernah bawa cash karena ada credit card, dan yang parahnya ada juga yang bela2in ngutang (minjem duit) demi sesuatu. Yah, kalo gue pribadi sih fleksibel aja sesuai keadaan (kantong)🙂. Tapi 100% NGGAK buat yang terakhir itu.

Yang lebih milih nyicil berpendapat “kalo ngga nyicil ngga bakalan punya2 itu barang” dan “kalo bisa nyicil kenapa harus cash?”. Yang lebih milih cash juga berpendapat “gue sih mendingan ngga punya drpd harus ngutang”, “kalo emang ada uangnya, ngapain harus ikutan bayar bunga karena nyicil?”.

Well, ngga ada yang salah juga dari semua itu, kalo gue pribadi sih untuk barang2 investasi (rumah,etc) gue lebih milih nyicil, yaiyalah..belum cukup2 juga soalnya🙂. Tapi kalo untuk barang konsumtif kok ya rasanya rugi banget kalo harus nyicil. Mungkin kalo pake kartu kredit bunga 0% dan slalu disiplin bayar beda lagi yah. Karena kalo ngitung detail plus bunga nya itu yasalaaaam..daripada buat bayar bunga, mendingan buat yang laen.

Ada lagi mantan calon PIL gue dulu yang kemana2 selalu bawa cash..yup,sampe liburan pun dia bawa cash berjuta2 aja dulu, gue aja yg deg2an takut dirampok. Dia ga punya ATM sama sekali apalagi kartu kredit. Hidup udah semakin mudah kok malah dibikin repot sih oom?? *geleng2*

Nah, yg gue ga habis pikir ada juga loh (ternyata) orang yang bela2in minjem duit demi memuaskan hasrat nya akan sesuatu. Kalo memang yakin mampu bayar sih ya ngga apa2, silahkan aja.. Ya kalo ngga jelas mau bayar pake apa gimana?

Kartu kredit juga amat sangat membantu buat gue yang emang ga terlalu suka megang cash di dompet banyak2, apalagi buat yg urgent2, kartu kredit ini amat sangat akan membantu. Tapi ya itu tadi kartu kredit juga yang bisa bikin kita terlena dan akhirnya juga jd boomerang.

Ada juga yang berpendapat punya utang itu buat penyemangat kerja..hihihiii.. Ga ada salahnya juga kan? Lah tapi kalo buat gue yang sekarang ibu rumah tangga, ngga mungkin kan gue yang ngutang biar abang semangat kerja..huehehehe..

Tapi beneran loh, ngga punya hutang dan cicilan itu hidup lebih tenang, damai dan tenteram..ya kan ya kan?? 🙂

Terinspirasi gara2 tiap hari dibombardir sama sms2 & telfon nawarin KTA, kartu kredit, dll yang sudah amat sangat mengganggu😦

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

