hey smokers…stay away from my baby !!!!

Protect Children

Emmooosssiii..aja bawaannya kalo ada orang ngerokok deket2 anak gue. Gak perlu kan gue teriak2 atau bawa2 tulisan atau kalo perlu anak gue dipakein kaos yg tulisannya “hey smokers..stay away from me!!!” kalo pada ngerti itu juga. Mohon pengertiannya aja lah, gak perlu kan bahaya ngerokok gue terangin satu2, yg gue yakin semua perokok aktif pun pasti udah tau bahaya2nya, cuma emang kalo belom ngerasa sakit ngga akan pernah menghargai dan mensyukuri nikmatnya sehat sih yah.

Enihow, gue dan anak gue khususnya disini adalah sebagai ‘korban’ a.k.a perokok pasif. Yang paling susah buat dipungkiri adalah…yak..nyokap gue sendiri adalah perokok! Alhamdulillah banget udah hampir 2taun ini bokap udah ‘sadar’ dan berenti ngerokok. Tinggal nyokap sama adek gue aja nih. Dan berhubung gue masih numpang tinggal dirumah nyokap..yah..gimana dooonk?? Sulit juga memulai niat gue untuk menciptakan rumah bebas asap rokok. At least  nyokap skrg udah ngga pernah ngerokok didalem rumah lagi semenjak ada shahlaa.

Naaahhh…yang punya rumah aja udah mulai berkorban, trus gimana donk kalo ada orang laen atau tamu dsb yang seenaknya aja ngotorin asbak dan udara di dalem rumah lo??? emosi membara bukan?? Sebenernya gue ga begitu peduli, terserah lo aja sih, rokok juga rokok lo, belinya juga pake duit lo, yang dapet ruginya ntar juga elo…tapiii…yang jadi perhatian gue disini…plissssssss…jangan ngorbanin orang lain buat kenikmatan lo sendiri! At least hargain orang sekitar lo apalagi kalo ada anak kecil apalagi bayi disitu! CATET!!!

If you can’t quit smoking for yourself, quit for your kids. If you can’t quit, at least don’t smoke inside your home or your car or other places that your children will be directly exposed to the smoke. Remember that this doesn’t totally protect your children from the effects of second hand smoke though.

Kalo ada yang sakit karena prilaku hidup nya sendiri ya emang itu resikonya.. Lah kalo sampe ada yang sakit karena perilaku hidup orang laen?? Adil ngga ?? Menurut loooo??? Yah gitu deh yang terjadi sama orang2 yang terpaksa menghirup asap rokok dr orang2 sekitarnya.

Mengutip dari International Journal of Cancer :

Penyakit yang dapat diderita perokok pasif ini tidak lebih baik dari perokok aktif. Mereka menjadi mudah menderita kanker, penyakit jantung, paru dan penyakit lainnya yang mematikan. Mereka yang dikelilingi oleh asap rokok akan lebih cepat meninggal dibanding mereka yang hidup dengan udara bersih. Dan angka kematiannya meningkat 15% lebih tinggi.

Asap rokok diketahui telah mengandung sekitar 4.000 bahan kimiawi, dimana 60 diantaranya diketahui dapat menyebabkan kanker. Pemerintah Amerika sendiri memperkirakan bahwa setiap tahunnya terjadi 3.000 kematian akibat kanker paru-paru pada mereka yang tidak merokok sebagai akibat menjadi perokok pasif.


Lah, kasian kan perokok pasif dapet ngga enaknya doang,  buat yg berpendapat “kalo gitu mendingan ngerokok aja sekalian!” hehehe..elo aja gih gue ogah!

Beberapa hari yang lalu pas hari bebas tembakau, dr endah citraresmi @endahcitraresmi ngetwit tentang ini, gue copas disini yah :

Short-term effects of smoking are coughing and throat irritation. This is not only for the smokers, but also for kids who passively smoking, if your child is chronically coughing, please check your environment for tobacco smoke

Secondhand smoke is a well-known asthma trigger. If you smoke, consider quitting, especially if your child has asthma.

Secondhand smoke can damage the lungs, leading to long-term breathing problems or worsening existing breathing problems

So, it’s your own choice.. lets protect our children from the dangers of secondhand smoke by providing them with smoke free air to breathe.

sumber :

http://www.pediatrics.about.com

http://www.quitsmoking.about.com

Leave a Reply

