roseola oh roseola

<div class="wp-caption alignnone" style="width: 650px"roseola

roseola

28 April 2010
Ngga biasa2nya shahlaa jadi rewel dan manja,emang udah dr beberapa hari sebelumnya sih udah agak2 flu ketularan bunda,tapiiii…rabu ini tuh badannya sumeng2 gimanaaaa gituh.Menyesalnya bunda sore itu tetep maksain ke Plaza Indonesia dan Shahlaa ikut😦
Malemnya ternyata benarrr…udah 38,2 derajat ajah,tapi yg bikin bunda tenang, Shahlaa nenennya tetep banyak, malah cenderung lebih banyak dr biasanya, dan tidur malemnyapun ngga rewel.

Day 1
Dari bangun pagi udah keliatan lemes banget ngga kaya biasanya, maunya digendong terus, sarapan cuma sedikit, makan siang juga sedikit, minum jus juga sedikit…waaaa…mulai panik..tapi alhamdulillah ASI + air putihnya masih mau dan banyak.
Bunda masih tetep observasi, pileknya udah mulai lagi, dan suhunya ternyata udah 39derajat…jadilah bunda kasih shahlaa parasetamol, dengan alasan untuk menyamankan dia aja. Oiya..di belakang telinga shahlaa kaya ada jendolan kecil yang bunda ngga tau apa yah???

Day 2
Sarapan pagi ini bunda buatin sup jagung dan lumayan banyak walaupun ngga diabisin..gapapa lah namanya juga lagi sakit yah? tapi makan siang kali ini tetep ngga mauu..2suap aja yang masuk😦. Dan mungkin karna laper, walhasil makan sorenya pun nyaris abis juga..lega…
Sore ini suhunya 39,2, dan jam 8 malem sambil nenen dan mulai tidur tiba2 aja shahlaa muntah dan keluarlah semua susunya itu…Malem itu juga suhunya sampe 39,7.
Bunda kasih lagi parasetamol dengan harapan shahlaa bisa tidur nyenyak. Skin to skin contact tetep..bunda sama papa gantian. Kompres air anget, setiap mandi selalu rendem air anget..
Dan hari ini Shahlaa pup 3x dengan tekstur cair & sedikit2..jadi curiga diare juga..
Sebenernya bunda juga udah mulai panik liat shahlaa gini..sedih..akhirnya bunda langsung sms dr endah, beliau bilang tetep observasi sampe 72jam demamnya baru kita liat selanjutnya.

Day 3
Karena suhu pagi ini masih 38,9 ditambah shahlaa yang makin rewel, akhirnya siangnya kita langsung meluncur ke KMC untuk ketemu dr endah. Waktu diukur suhu di RS sih 37,3, BB 8530gr.
Bener kan..bunda ceritain kondisi shahlaa 2hari ini dan dengan sangat ramah ibu dokter ini jelasin detail semuanya..
kemungkinan pertama ya ISPA, karena demamnya disertai batuk+pilek..tapi tetep diliat dulu setelah 3hari ini..kalo demam udah turun dan timbul ruam berarti roseola…tapi kalo pada saat demam tinggi timbul ruam berarti campak/rubella.
Malemnya bunda udah lega banget karena shahlaa udah back to normal, udah ngga demam, udah lincah+rusuh seperti biasanya, nen nya udah mulai nungging2 lagi, udah mulai bisa marah2 lagi…seneeeeeeeng banget liatnya, akhirnya malam ini bunda juga bisa bobo nyenyak…

Day 4
Tak disangka tak diduga, dipunggung+dada shahlaa muncul ruam halus kaya biang keringat, masih belum banyak sih, dan diagnosa beralihlah ke Roseola.
Bunda langsung sms lagi dr Endah, dan beliau bilang “Kemungkinan Roseola kalo ruamnya tambah banyak atau bisa juga cuma biang keringat,apapun itu tetap tdk butuh treatment apapun, bedak aja kalo gatel”.
Sambil bunda buka2 lagi buku Q&A smart parents nya dr wati, dan bener loh gejala klinis nya ya mengacu ke roseola itu.
-Mirip gejala flu
-Demam tinggi
-Sakit Kepala
-Rewel (Pada bayi lebih rewel)
-Bisa pula disertai batuk pilek
-Pembesaran kelenjar getah bening leher
-Timbul ruam setelah demam turun
Dan yang terpenting, tidak perlu obat macam2, akan sembuh dengan sendirinya. (Q&A smart parents for healthy children hal 168-169)

Day 5
Ruam mulai merambah ke muka…huaaaa…masih rewel…makan masih belum mau…

Day 6
Alhamdulillah ruam nya udah ilaaaangg..yeayyy…alhamdulillah lagi cuma 2hari aja…
hari ini makannya udah mulai mau, walaupun masih belum kembali normal..dan rewelnya pun masih aja..lebih ke manja sih sespertinya, mentang2 abis sakit pengen dimanja2in..hihihi… (analisa emaknya aja ini mah.. :D)

Enyahlah kau virussss….Ya Allah lindungilah selalu Shahlaa putriku..berikanlah ia selalu kesehatan, jauhkanlah dari segala macam penyakit..Amin ya robbalalamin..