Mari Belajar : Kebutuhan Gizi Seimbang Anak

Sekedar berbagi informasi yang gue dapet dari kopdar gizi kemarin di rumah mba Syafrina Siregar (nana) dengan nara sumber nya ibu Maria Phan. Alasan utama gue ikut ini sih jelas mau belajar dan mau tau lebih banyak tentang gizi  anak yang tentunya supaya pemenuhan gizi Shahlaa dan insya Allah adik2nya nanti bisa optimal di masa2 golden ages nya. Ngga pernah ada kata terlambat lah buat belajar..

Alhamdulillah Shahlaa ngga ada masalah dengan pertumbuhan berat badannya, di plot di Growth Chart nya udah ok. Nah, yang bikin gue agak khawatir karena setelah memasuki usia 1th ini porsi makannya agak menurun dan pastinya kan aktivitasnya semakin banyak. Itulah yang gue antisipasi, gimana caranya dengan kondisi sekarang tapi tetap pemenuhan gizi nya optimal dan pertumbuhan selanjutnya tetep oke. *emakparnoan*

Back to the topic, dari hasil belajar kemaren pada intinya 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari masa konsepsi sampai anak berumur 24bulan itu merupakan masa yang sangat penting untuk optimalisasi gizi, umtuk mencapai tinggi dan berat badan yang optimal. Ayo para bumils, makanlah makanan bergizi..hihihii..

Status gizi dapat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu Jenis kelamin, usia, tinggi/panjang badan dan berat badan. Kita sebagai orang tua harus selalu memantau pertumbuhan anak secara periodik dan di plot di kurva pertumbuhan/growth chart. Coba download deh WHO Anthro  , ini software Child Growth Standards WHO.

“These standards were developed using data collected in the WHO Multicentre Growth Reference StudyThe site presents documentation on how the physical growth curves and motor milestone windows of achievement were developed as well as application tools to support implementation of the standards.”

Di WHO Anthro ini kita bisa dengan mudah memantau pertumbuhan anak, pemantauan ini harus dilakukan untuk anak usia 0-24bln setiap bulannya, cuma masukkin data2 dari KMS nya seperti berat lahir, panjang lahir, lingkar kepala tiap bulannya langsung keliatan disitu kurva, percentile dan z-score nya. Dengan mengetahui pertumbuhan anak dapat diketahui tindakan pemilihan asupan makanan yang bergizi seimbang dengan jumlah dan jenis yang beragam.

Kalo dulu yang kita tau tentang gizi itu 4 sehat 5 sempurna aja, ternyata seiring dengan berkembangnya pengetahuan, pola itu sudah tidak lagi memadai. Penyempurnaan dari 4 sehat 5 sempurna itu adalah Pedoman Gizi Seimbang berdasarkan piramida makanan berikut.

Kebutuhan kalori  bayi menurut usia :

Kebutuhan kalori :           ASI  kkal  + MPASI kkal

6-9 bulan – 600 kkal    = 425 kkal+200 kkal

9-12 bulan – 670 kkal  = 379 kkal + 300 kkal

12-24 bulan -894 kkal  = 346 kkal + 540 kkal

Pasti bingung kan kalo pake hitungan kalori..hihii..sama..gue juga bingung.. :). Kebetulan bu Maria berbaik hati kasih softcopy slideshow nya, dan ini contoh menu dan hitungan kalori nya.

Menu makan pagi

Nasi

Sumber tenaga

2  sendok makan

100 kkalori

Daging ayam

Sumber pembangun

Sepotong kotak korek api

60 kkalori

wortel

Sumber pembangun

Separuh batang

0 kkalori

Minyak

Sumber tenaga

1 sendok teh

40 kkalori

Snak pagi

Buah/pisang/apel/pear/jeruk

Sumber pengatur

1 potong

20 kkalori

Menu makan siang

Nasi

Sumber tenaga

2  sendok makan

100 kkalori

Hati ayam

Sumber pembangun, zat besi

Sepotong kotak korek api

45 kkalori

Tempe

Sumber pembangun

Setengah kotak korek api

40 kkalori

Snak sore

Buah

Sumber pengatur

1 potong

20 kkalori

Menu makan malam

Ubi merah

Sumber tenaga

Sepotong kecil

100 kkalori

Kacang kedele direndam dan dibuang kulit luar, dihaluskan

Sumber pembangun

1 sendok makan

30 kkalori

Bayam

Sumber pembangun

secukupnya

0 kkalori

Minyak

Sumber tenaga

1 sendok teh

40 kkalori

Total kkalori

595 kkal

Nah, coba diitung, kira2 makanan yang dikonsumsi anak2 kita dalam sehari sudah cukup sesuai dengan kebutuhan kalorinya belum?? Segitu dulu deh yang bisa gue share disini, maklum lah karena kemaren harus bawa si mbil jadi agak2 kurang fokus belajar+konsultasinya, semoga berguna buat kita ibu-ibu yang mau sama2 belajar yah, supaya anak2 kita bisa tumbuh optimal, sehat, dan tentunya dengan gizi yang cukup, yang gue yakin pengaruh ke kecerdasannya donk yah…

Mimpi gue sih supaya semua ibu2 di dunia, gausah muluk2 lah di Indonesia aja dulu mau belajar dan cari informasi tentang gizi anak supaya ngga ada lagi anak2 kurang gizi di republik indonesia tercintahh…Amin ya Rabb… :)

Buat yang mau tau lebih lanjut gue bisa share file2 yang kemaren dikasih sama ibu Maria yang baik hati udah ngasih softcopynya, just feel free to leave your email address :)

Nasi

Sumber tenaga

5 sendok makan

200 kkalori

Daging ayam

Sumber pembangun

Sepotong kotak korek api

60 kkalori

wortel

Sumber pembangun

Separuh batang

0 kkalori

Minyak

Sumber tenaga

1 sendok teh

40 kkalori

Buah/pisang/apel/pear/jeruk

Sumber pengatur

1-2  potong

20 kkalori

Total kalori

320 kkalori

About these ads

6 responses to “Mari Belajar : Kebutuhan Gizi Seimbang Anak

  1. bu maria emang asik kok. waktu itu aku ikutan kelas dengan materi ini tapi yang ngadain x4c. untung pas gw ikut pas azwa udah 3 tahun, jadi nggak setres ngitungin kalori :-D

    • Hihihihi..tambah setress saya maaakk ngitungin kalori..makanan yg disiapin insya allah kalori nya udh cukup..nah yg ditelennya itu wallahualam.. :)
      Apa karna masakanku ga seenyak mba depe ?? :) *minder*

  2. bun, mawu dunk..kirim ke windy_dwika@yahoo.com yess..thx b4

  3. Ratna mamanya fildzah

    Wuah..ubek2 akhrnya dpt juga blognya mba ttg gizi seimbang. Mba aq mw nya file2nya. Makasih mba..

  4. ranny cecilia putri

    Bunda , bole dii email nda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s